Usaha ternak kelinci hias yg menjanjikan

Pada umumnya, orang-orang bekerja dengan tujuan untuk mendapatkan penghasilan berupa uang, dimana uang merupakan alat tukar yang dipergunakan untuk membeli keperluan pokok manusia seperti makanan, pakaian, rumah, dan keperluan-keperluan lainnya. Tak dapat dipungkiri bahwasanya di era sekarang ini uang merupakan media bagi kita untuk bertahan dapat hidup dengan sebisa mungkin dapat memperoleh makanan dan kebutuhan yang umumnya harus ditukat atau dibeli dengan uang.

Oleh karena itu, tak heran banyak di antara orang-orang pada umumnya berlomba untuk mengumpulkan uang sebanyak mungkin sebagai jaminan kesejahteraan baginya dan keluarganya baik dimasa sekarang maupun dimasa mendatang. Salah satu dari banyak cara orang-orang untuk memperoleh penghasilan adalah dengan membuka usaha sendiri, dan di antara banyaknya usaha yang biasa digeluti, terdapat peluang usaha ternak kelinci hias.

Kenapa usaha kelinci hias? Ada beberapa alasan mengapa peluang usaha ternak kelinci hias dapat menjadi salah satu alternatif memulai membuka usaha. Sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, kelinci merupakam makhluk yang tergolong pada hewan mamalia yang imut dan lucu serta menggemaskan. Selain itu, kelinci juga termasuk hewan yang halal (bagi umat muslim) untuk dipelihara maupun dikonsumsi.

Meskipun pada umumnya kelinci tak dapat bertingkah atau berlaku sebagaimana hewan peliharaan lainnya seperti kucing yang dapat diajak bermain dan bercanda di dalam rumah bahkan tidur bersama kita, akan tetapi kelinci juga dapat mengahangatkan rumah kita dengan kehadirannya di sekitar kita baik dikandangkan maupun diliarkan. Oleh karena itulah, peluang untuk membuka usaha ternak kelinci hias merupakan hal yang dapat menjanjikan apabila kita gigih dalam menjalankannya.
Kelinci hias merupakan kelinci yang dijadikan hewan peliharaan layaknya seekor kucing. Disebut kelinci hias karena memang mereka memiliki tubuh, corak bulu, dan warna bulu unik yang berbeda dengan kelinci pedaging yang biasa dikonsumsi. Namun tidak menutup kemungkinan juga kalau kelinci hias dikomsumsi karena daging kelinci memang layak di konsumsi.

Adapun kelinci kriteria hias ini terutama di negara kita Indonesia, merupakan kelinci ras yang berasal dari berbagai negara, sedangkan kebanyakan kelinci pedaging merupakan kelinci domestik atau asli Indonesia seperti misalnya kelinci jawa. Akan tetapi pada kenyataannya di negara kita ini, kebanyakan kelinci hias tidak murni ras tertentu. Sebagian besar kelinci hias merupakan hasil dari persilangan antara kelinci lokal atau domestik dengan kelinci ras.

Dengan adanya persilangan tersebut maka lahirlah kelinci jenis lain hasil perkawinan silang antar ras dan domestik. Tentu saja hal tersebut akan merubah gen asli dari masing-masing jenis kelinci, baik dari segi bulu, corak, postur, maupun ukuran tubuh.

Untuk menjalankan peluang usaha ternak kelinci hias, selain anggran modal usaha diperlukan pengetahuan akan jenis-jenis kelinci yang akan dijadikan ternak. Mengetahui jenis-jenis kelinci untuk bidang usaha ini merupakan hal yang sangat penting, dimana kita harus mengenal produk kita serta memperkemalkannya kepada masyarakat apabila kita ingin memasarkannya di masyarakat.
Maka dari itu, berikut ini merupakan sebagian kecil nama dan jenis kelinci, di antaranya adalah;

Komentar

Postingan Populer