Prospek usaha gecko yg menjanjikan

Menjajal peluang usaha ternak gecko mungkin tidak sewajarnya dicoba oleh masyarakat awam. Hal ini dikarenakan gecko biasanya justru dianggap menggelikan atau menjijikan dan biasanya luput dari perhatian. Gecko adalah hewan sejenis tokek dan salah satu jenis hewan nokturnal. Hewan yang banyak dijumpai di negara-negara seperti India, Afghanistan, Pakistan, dan Iran ini hidup di permukaan tanah dan biasanya ditemukan di daerah yang berbatu atau daerah yang kering.
Dan yang belum diketahui oleh masyarakat adalah ternyata jenis reptil ini telah menjadi salah satu peluang usaha yang bisa mendatangkan keuntungan cukup besar. So, pada artikel kali ini kami akan membahas bagaimana prospek usaha beternak gecko.

Tips Memulai Peluang Usaha Ternak Gecko untuk Pemula


Bagi Anda yang belum punya gambaran tentang hewan yang satu ini, warna dasar kulit reptil ini adalah kuning. Pada gecko dewasa akan dihiasi dengan bintik cokelat, sedangkan pada gecko remaja kulitnya akan dihiasi dengan pola bergaris dan pola tersebut perlahan akan semakin pudar setelah gecko tumbuh semain dewasa.

Gecko sedikit berbeda dengan tokek, meskipun memang ada banyak persamaan, karena gecko bisa menjadi salah satu hewan peliharaan yang sangat baik. Nah, untuk bisa memelihara gecko atau membudidayakannya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan supaya gecko. So, untuk penjelasan lebih lengkapnya silahkan simak ulasan yang sudah kami rangkum berikut ini.

1.    Kandang
Untuk beternak gecko, Anda memerlukan kotak plastik atau yang juga biasa disebut dengan vivarium sebagai tempat tinggal gecko. Satu kandang yang berdimensi 90 cm x 45 cm x 45 cm biasanya bisa ditempati dengan 3 ekor gecko. Maka dari itu Anda harus menyesuaikan sendiri jumlah kandang dengan gecko yang Anda miliki. Yang harus Anda perhatikan adalah jangan sampai menempatkan 2 ekor gecko jantan dalam satu kandang, karena jika keduanya berkelahi ada kemungkinan salah satunya akan mati. Selain itu sediakan juga tempat bersembunyi bagi gecko di dalam kandang yang bisa Anda buat dari batok kelapa atau sejenisnya.

2.    Makanan
Untuk mendapatkan gecko yang sehat dan berualitas baik, Anda bisa memberikan makanan jangkrik untuk gecko yang Anda pelihara. Hal ini dikarenakan jangkrik adalah salah satu jenis makanan dengan gizi yang baik untuk gecko. Nah, Anda juga perlu bahwa nutrisi yang Anda berikan ke gecko jangan sampai berlebihan. Mineral yang paling penting dibutuhkan oleh gecko adalah kalsium, dan jangkrik yang diumpankan untuk gecko pun seharusnya dilapisi terlebih dahulu dengan bubuk kalsium.

3.    Pengembangbiakan
Hal ketiga yang juga harus Anda pelajari adalah tentang bagaimana cara pengemangbiakan gecko. Tidak ada hal yang sulit untuk melakukan hal ini, dan para peternak pemula pun bisa sukses dengan usaha ternak gecko. Yang harus Anda perhatikan adalah dengan menyiapkan gecko jantan dan betina yang Anda jaga kondisi kesehatannya supaya nantinya bisa mendapatkan telur dan anakan gecko yang juga berkualitas baik.

Nah, dalam beternak gecko ini Anda harus selalu memperhatikan kebersihan kandang dan kesehatan gecko. Hal ini dikarenakan ada beberapa jenis penyakit yang bisa menjangkit gecko, seperti infeksi mulut, infeksi pernapasan dan juga luka. Penyakit-penyakit tersebut tentunya akan membuat kualitas gecko yang Anda pelihara tidak bagus lagi. baca juga cara membedakan jantan & betina pada gecko

So, sekian informasi singkat kami mengenai peluang usaha ternak gecko. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Komentar

Postingan Populer