MEDIA DAN CARA PENETASAN TELUR LEOPARD GECKO



1. Coco peat
cocopeat adalah media dari sabut kelapa yang telah di hancurkan. media ini harga paling murah. tetapi masih banyak mengandung benda organik yang dapat mengakibatkan jamur, bakteri atau pun serangga. oleh karena itu pemakaian nya biasanya di kurangi jumlah air nya. karena paling murah biasanya di pakai untuk media laying. bisa untuk penetasan tapi tidak di sarankan.

2. Spaghnum moss
Spaghnum moss berasal dari moss (lumut / daun daunan) yang di keringkan. moss sangat bagus untuk menyerap air dan menyimpan kelembaban. tetapi karena berasal dari alam, masih mengandung benda organik, meskipun sudah jauh lebih sedikit daripada cocopeat. moss bisa di gunakan untuk media laying dan penetasan.

3. Vermiculite
vermiculite berwarna emas dan berbentuk butiran kecil sampai ada yang sebesar kuku jempol tergantung grade nya. vermi berbahan dasar silica jadi relatif steril dari benda organik. dibandingkan dengan cocopeat dan spaghnum moss, harga vermiculite lumayan di atas. vermi bisa di gunakan untuk laying dan penetesan, tapi sangat jarang di pakai untuk laying karena harga nya yang lumayan mahal.

4. Perlite
perlite berwarna putih, berbentuk butiran seperti butiran foam. perlite mempunyai pori pori yang banyak, jadi air akan mengisi lubang pori pori itu. kelebihan perlite di banding vermiculite, perlite bisa di cuci, meskipun sebagian akan hilang. perlite juga relatif lebih terasa kering, khusus nya untuk hewan yang memerlukan kelembaban stabil tapi telur tidak boleh terkena air (hewan padang gurun). harga perlite lebih mahal daripada vermiculite grade kecil (2). pemakaian perlite dan vermiculite bisa di campur untuk mendapatkan karakteristik yang anda inginkan.


Cara menyiapkan media.

1. untuk laying, siapkan kotak ice cream 1 lt dengan lubang di atas ... basahi media dan masuk kan kedalam kotak.
2. Jika anda menemukan gecko anda bertelur, biarkan dulu sampai selesai. kotak laying dapat di check berkala. pada saat mengecheck berhati hati lah agak telur gecko tidak berubah posisi atas telur (1-2 hari netas di bolak balik tidak apa apa, tapi tidak di sarankan).
3. siapkan kotak penetasan tanpa lubang, basahi media dengan salah satu cara berikut : media dibasahi dan di peras sampai air tidak bisa keluar lagi seperti memeras santan, ATAU timbang media dan tambahkan air sesuai dengan kondisi lingkungan anda.

Leopard Gecko (vermi: air 1:0.5-0.8)
Vermi 100gr : air 50-80cc
waktu penetasan: 35-70 hari

suhu penetasan
------------------
26-28 Female
28-30 mix male female
30-32 male
diatas 34 female

4. pindahkan telur, usahakan posisi atas telur tidak berubah. buat sedikit lekukan di media tetas taruh telur diatas nya. tutup rapat kotak, usahakan untuk tidak membuka tutup terlalu sering 14 -30 hari sekali lebih dari cukup. tidak di buka sama sekali pun biasanya tidak ada masalah.

5. setelah gecko lahir biarkan di dalam kotak sampai lendir hilang ... atau di pindahkan ke kotak alas tissue basah.. tidak disarankan untuk memindahkan langsung ke media pasir atau calcium karena akan menempel di kulit nya yang basah dan berakibat susah shedding.

Komentar

Postingan Populer